Situs ini memiliki 3 bagian:

November 23, 2018

Penjualan Reksa Dana Melalui Platform Online: Tinggal Klik di Tokopedia dan Buka Lapak

Smart investor, Indonesia adalah negara berpenduduk lebih dari 250 juta jiwa, jumlah ini menempatkan Indonesia sebagai negara dengan populasi ke-4 di dunia. Dengan jumlah penduduk yang sedemikian besar, Indonesia adalah pasar bagi salah satu produk Pasar Modal yaitu Reksa Dana. Karakteristik yang dimiliki Reksa Dana membuatnya cocok untuk masyarakat Indonesia yang memiliki dana tidak besar dan keahlian investasi yang terbatas namun mempunyai keinginan berinvestasi di Pasar Modal. Seiring dengan jumlah penduduk Indonesia yang terus berkembang, begitu juga dengan perkembangan industri Reksa Dana. Statistik industri Reksa Dana periode September 2018 menunjukkan jumlah produk Reksa Dana sebanyak 2.035, Nilai Aktiva Bersih sebesar Rp495 triliun dan Unit Penyertaan mencapai 366 miliar. Angka ini naik signifikan jika dibandingkan dengan periode Desember 2010 dimana jumlah produk Reksa Dana adalah 550 (naik 264%), Nilai Aktiva Bersih adalah Rp153 triliun (naik 223%) dan Unit Penyertaan adalah 83 miliar (naik 341%).

Nah beberapa hari lalu, saya menghadiri seminar tentang Reksa Dana di salah satu hotel di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. Tujuan seminar adalah memberikan edukasi, pemasaran dan meningkatkan investor Reksa Dana. Peserta dari seminar ini adalah komunitas-komunitas dari nasabah Tokopedia, baik itu buyer dan seller, yang berada di wilayah sekitar Tangerang Selatan dan Tangerang. Bahkan ada peserta yang datang dari Serang, padahal ini berada di luar wilayah Tangerang Selatan dan Tangerang yang setidaknya berjarak sekitar 80 km untuk ke lokasi. Hal yang menarik dari seminar tersebut adalah berbagai orang dengan bermacam latar belakang hadir untuk mengetahui berinvestasi di Reksa Dana. Biasanya mereka menggunakan Tokopedia untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan produk secara online, namun kali ini mereka hadir sebagai calon investor yang akan berinvestasi Reksa Dana melalui Tokopedia. Transaksi ini menggunakan aplikasi yang disebut dengan financial technology (fintech). Perlu diketahui bahwa fintech Reksa Dana yang terdapat di Tokopedia merupakan aplikasi yang terhubung dengan Agen Penjual Reksa Dana bernama PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa), dengan demikian Tokopedia dalam memasarkan Reksa Dana tidaklah sendiri karena mereka bekerja sama dengan Bareksa yang sudah memiliki izin dari OJK. Bagi yang ingin membeli Reksa Dana melalui Tokopedia, dapat mengetikkan kata: “Reksa Dana” pada kolom kategori Tokopedia kemudian akan muncul logo berwarna kuning emas dengan tulisan Rp. Sebagian nasabah yang ditanya pada seminar tersebut mengatakan sudah ada yang mengetahui tentang Reksa Dana, namun lebih banyak yang belum mengetahui.
odith adikusuma


Saat ini tidak hanya e-commerce Tokopedia saja yang memiliki fintech Reksa Dana di platformnya, ada juga Buka Lapak. Kedua situs memiliki basis nasabah yang besar dan dikunjungi sekitar 15 juta orang per hari dengan rata-rata nilai transaksi harian mencapai Rp3 miliar. Sejauh ini melalui kerjasama tersebut, Bareksa dapat memiliki basis investor Reksa Dana yang besar. Memang pemasaran Reksa Dana melalui online sangat potensial, berdasarkan data Asosiasi Jasa Penyelenggara Internet Indonesia, jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2017 sebanyak 143 juta orang. Apalagi dunia sudah memasuki zaman revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan penggunaan platform teknologi digital dalam memenuhi kebutuhan manusia. Platform teknologi digital merupakan sarana yang memiliki kemudahan, kecepatan dan daya jangkau luas. Dengan fintech Reksa Dana, investor dapat melakukan transaksi Reksa Dana hanya menggunakan komputer ataupun smartphone. Sejauh ini setidaknya terdapat 44 platforms fintech Reksa Dana dengan rincian: 14 platforms Manajer Investasi, 18 platforms Agen Penjual dan 12 platforms yang dibangun oleh e-commerce yang bekerjasama dengan Manajer Investasi dan Agen Penjual. Beberapa keuntungan pemasaran Reksa Dana melalui fintech bagi investor adalah dapat melakukan transaksi Reksa Dana kapan dan dimana saja serta memperoleh informasi secara cepat. Sedangkan bagi fintech adalah dapat melakukan penyesuaian dengan cepat sekiranya ada perubahan terkait Reksa Dana dan dapat mengurangi biaya yang timbul dengan membuat laporan secara digital.

Salah satu manfaat dari berinvestasi Reksa Dana adalah menciptakan kemakmuran bagi investornya. Investor memiliki kebutuhan di masa depan yang harus disiapkan di masa sekarang, dengan demikian fintech Reksa Dana harus adaptif terhadap investor. Pemasaran Reksa Dana melalui fintech perlu terus didorong karena potensi pertumbuhan industri Reksa Dana di Indonesia masih tinggi jika melihat besarnya penduduk dan luasnya wilayah Indonesia yang belum terjangkau oleh Reksa Dana. Hal ini rasional mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia dan menjadi anggota G-20. Di tahun 2020-2035, Indonesia diperkirakan akan mengalami Bonus Demogafi. Bonus Demografi adalah masa dimana jumlah penduduk usia produktif lebih besar dibandingkan dengan usia tidak produktif. Bonus Demografi dapat memberikan manfaat ekonomi namun sayangnya hanya dialami sekali oleh suatu negara. Contoh negara yang telah mengalami Bonus Demografi adalah Jepang di tahun 1950-1970. Pada saat itu Jepang mempersiapkan diri dengan baik sehingga dampaknya Jepang memiliki perekonomian yang maju. Ini adalah suatu peluang yang harus dipersiapkan dengan baik karena Bonus Demografi tidak secara otomatis memberikan manfaat. Semoga pemasaran Reksa Dana melalui fintech dapat memajukan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian Indonesia.

Foto-foto kegiatan:
odith adikusuma

odith adikusuma

odith adikusuma

odith adikusuma

1 comment:

Anonymous said...

I know this if off topic but I'm looking into starting my own blog and was curious what all
is required to get setup? I'm assuming having a blog like yours would cost a pretty
penny? I'm not very internet smart so I'm not 100% positive.
Any recommendations or advice would be greatly appreciated.
Cheers.#naphogathanhan #nắp_hố_ga_Thành_An #Bán_nắp_hố_ga_Thành_An #nap_ho_ga_thanh_an #ban_nap_ho_ga_Thanh_An